Curug Cilember

Curug Cilember



Cilember adalah sebuah desa yang terdapat di Cisarua, Puncak, Jawa Barat. Salah satu tujuan wisata yang terkenal di daerah ini adalah Wana Wisata Curug Cilember. Curug adalah bahasa Sunda dari air terjun. Di Curug Cilember, Anda akan menghadapi tantangan untuk bisa mengunjungi tujuh buah air terjun yang ada di kawasan ini dengan medan yang semakin sulit. Di mulai dari air terjun ke tujuh yang mudah dicapai, hingga curug ke satu yang terletak di paling atas. Dengan hanya menempuh waktu kurang lebih 1,5 - 2 jam dari kota Jakarta, Curug Cilember dapat menjadi pilihan wisata bagi kalian yang ingin berekreasi bersama keluarga atau teman di akhir pekan. 

( gue yang tengah, bersama 2 teman yang menemani di pintu masuk curug Cilember)

untuk mencapai tempat ini memang ada tantangan nya bagi yang jalan kaki seperti gue .. karna dari sebuah Gang dipinggir jalan yang mengarah curug ini kita harus menempuh jarak 2km lebih .. dan jalur yang ditempuh pun menanjak.. 2km tentunya bukan jarak yang jauh bagi gue, tapi jalur yang menanjaknya lah yang membuat perjalanan sedikit melelahkan.. beda lagi bagi yang bawa kendaraan, pasti gak akan merasakan capek berjalan kaki seperti yang saya rasakan :D ..
jika kalian membawa kendaraan memasuki tempat ini, kalian harus membayar uang parkir sebesar RP.8000-+ untuk Mobil dan RP.4000 untuk Motor.

(pintu masuk Curug CIlember)

setelah kalian memasuki tempat ini kalian diharus kan membeli tiket masuk.. sebesar Rp.10.000 untuk wisatawan lokal. kalo bule beda lagi harganya.. lebih mahal..

(wujud Tiket yang dibeli diloket)

setelah masuk, sebelum melihat curug, kallian akan melihat Taman Konservasi Kupu-Kupu , sebuah bangunan berbentuk kubah jaring raksasa. Bila ingin masuk ke tempat ini, tiket dijual dengan harga Rp 5.000,-+.(saya gak tau pasti harga nya.. karna saya gak masuk ke tempat ini.. saya hanya tau dari wikipedia) Di sini merupakan tempat kupu-kupu dikembangbiakan. Ada petugas yang akan menjelaskan proses metamorfosis kupu-kupu, memperlihatkan telur, ulat maupun kepompong yang ada di taman konservasi ini. Petugas dengan ramah juga menerangkan jenis kupu-kupu dari ulat yang ada serta menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan pengunjung. Tempat yang cocok untuk menambah pengetahuan anak Anda yang masih kecil. Anda dapat melihat sendiri kupu-kupu yang berterbangan atau yang hinggap di bunga atau daun dari tanaman yang ada. Hanya saja pada musim tertentu, kupu-kupu di sini tidak terlalu banyak. Penangkaran ini dibuat menyerupai taman dengan bunga-bungan dan tanaman lainnya yang semakin mempercantik tempat ini.


  Curug 7
Curug Pertama yang kalian akan temui adalah curug 7. 

(Curug 7)

(dibawah ini bbrp foto kami di bbrp curug yang ada di cilember ini..)



itulah beberapa foto saya dan temen di curug Cilember..

 fasilitas ditempat ini, mulai dari tempat penginapan, toilet, mushola, dan camping ground.



untuk menuju tempat ini , bisa ditempuh menggunakan berbagai kendaraan..
kalo pake motor/mobil, Dari arah Jakarta, perjalanan dilanjutkan menuju Puncak, tepatnya di daerah Cipayung. Setelah Cimory dan Taman Matahari, Anda akan melihat plang hijau penunjuk arah menuju Curug 7 Cilember. Traveler pun tinggal mengikuti petunjuk tersebut. Namun, agar tidak salah jalan, ada baiknya bertanya ke penduduk sekitar.

kalo naik kereta, bisa dari stasiun mana pun di daerah jakarta dengan jurusan bogor, dari stasiun bogor, kalian 2 kali naik angkot.. berhubung saya lupa naik angkot apa aja, ada baik nya kalian bertanya pada supir nya langsung angkot mana yang menuju ke curug cilember. 

Anggiat Humisar P.M

1 komentar:

  1. Perjalanan a bs buat uji fisik, fasilitas a lumayan memadai, tp jangan membuang sampah sembarangan, heheh
    lanjutkan traveling mu gan, kunjungi tempat wisata yg ada di indonesia.
    Sukses selalu

    BalasHapus

gunakan kata kata yang baik