Jelajah Curug : Curug Nangka

Curug Nangka

Hai guys! Ketika weekend kalian biasanya ngelakuin hal apa? Pasti ada kan beberapa aktifitas yang kalian lakukan. Entah ada yang senang berpergian, ada pula yang lebih senang dengan ketenangan suasana rumah untuk sekedar bersantai. Berhubung gue saat itu sempat stres akut karena aktifitas sekolah yang cukup melelahkan, akhirnya gue pun berencana melakukan solo trip.

Solo trip? Iya, gue melakukan perjalanan ini sendiri. Bukan untuk yang pertama kalinya, gue memang udah terbiasa buat jalan-jalan sesuka hati gue. Karena saat sendirian ada suatu kepuasan yang gak akan bisa gue dapetin ketika berpergian bersama teman. Gue selalu suka mencoba hal baru, termasuk pergi ke suatu tempat yang sebelumnya belum pernah gue kunjungi.
Kali ini tepat tanggal 12 April 2015 gue melakukan One Day Trip menuju Ciapus, Bogor. Tujuan gue yaitu Curug Nangka yang berlokasi di Bogor. Perjalanan gue mulai dari rumah gue didaerah Jakarta Timur jam 7 pagi, langsung menuju Stasiun Depok. sesampainya di stasiun Depok/Universitas indonesia, gue menuju loket yang pasti si untuk beli tiket :D (jurusan Bogor). Kemudian sesampainya di stasiun Bogor gue Hunting (cia elah pake bahasa inggris biar keren :D) angkot 02 hijau menuju BTM. Lalu sesampai di BTM, gue nyebrang ke sebelah kiri untuk menuju daerah Ciapus dengan menaiki angkot berwarna biru.
Saran gue, sebelum kalian ke Ciapus tanya dulu rute angkotnya ngelewatin pertigaan Curug Nangka enggak?. Kalo iya, bisa tinggal naik. Jarak tempuh menuju Ciapus ini emang agak lama, pokoknya gue saat itu minta turunin sama abang supir angkotnya di pertigaan itu. Saking lama di perjalanan gue nyampe ketiduran.bbrp menit kmudian, Akhirnya gue nyampe juga, alhamdulillah gak ada yang mau nyulik gue pada saat gue ketiduran :D,dan gue pun gak nyasar ketempat laen...
Di pertigaan ini kalian ambil belok ke kiri, soalnya kalo belok kanan yang ada malah ke Curug Luhur. kalo kalian kesini, ketika kalian turun dari angkot biasanya kalian akan ditawarin abang ojek buat diantar ke Curug Nangka.pada saat itu gue pengen banget naek ojek tapi, pas gue ngecek dompet slim gue ini, gue memutuskan untuk jalan kaki aja :D (hemat sihh tapi bikin pegel). Sebenernya gak jauh kok jalannya, tapi jalannya yang agak nanjak lumayanlah capek mana sepanjang jalan ini gue sendirian, huft. Oh iya disini hawanya sejuk dikit kok.(dikit :D)
Gue pun sampai di loket pembayaran Curug Nangka, Harga tiket RP.7500. Pembayarannya ternyata ada dua loket, si penjaga loket pertama ngingetin gue buat bayar tiket lagi RP.7500 di loket kedua. Padahal jarak loket pertama kedua ini deket banget. Entah kenapa, gak ngerti gue apa maksudnya. Kesel sih, tapi yaudah lah gue pun lanjut memasuki sebuah area hutan pinus, pokoknya pemandangannya cukup wah. Disini gue lari larian sendirian kayak orang apaan tau, gile abisan sepi amet ngeri ...
Nah gak jauh dari sana gue mulai memasuki tempat parkiran kawasan Curug Nangka ini, disini udah agak rame bahkan ada beberapa warung makanan dan sovenir. Gue meneruskan perjalanan. Ternyata letak Curug Nangka ini adanya di bawah. Berbeda dengan kebanyakan curug lain yang ketika menuju sana harus menanjak dulu. Ngerinya kalo lagi hujan aja ya, gue saranin saat hujan mending jangan turun, takut airnya meluap.
Untuk menuju Curug Nangka ini kita harus melewati aliran air. Sebisa mungkin pake alas kaki yang nyaman, iya pake sendal gunung misalnya. Hehe jangan make sendal swallow gadanta kayak gue, yang ada sakit kaki iyak. Hati-hati juga saat nginjek bebatuan disini, karena licin dan kalo salah injek dapet batu yang goyang resiko bisa kepleset.
bbrp tahun kemudian... (menit maksudnya.. :D)
Yuhuuuuu gue sampe bro! Pemandangan Curug Nangka disini mulai menyambut gue, ditambah gemercik air yang bikin aus gue ilang. Gue juga disambut dengan tawaran tukang pop mie, iya biar beli pop mie angetnya. Alhamdulillah gue inget dompet gue udah slim. Yang unik disini juga ada sebuah Goa kecil di pinggir aliran curug. Pokoknya gak sia-sia deh ke Curug Nangka. Recomended banget buat lo yang pengen ke curug dengan trekking santai tapi asik.

Fyi, di kawasan ini ternyata bukan hanya ada Curug Nangka loh. Gue malah baru tau kalo disini ada Curug Daun dan Curug Kawung. Letak Curug Daun dan Curug Kawung itu adanya diatas. Nyesel banget gue gak kesananya. Mungkin suatu saat gue akan balik kesini lagi.

Hmm oke guys, sekian dulu One Day Trip gue kali ini. Sampai jumpa di perjalanan gue selanjutnya yap. Salam pait dari gue untuk kalian semua. Yunita Anggraini.